Senin, 23 Mei 2016

Zat Gizi pada Buah dan Sayur adalah Fondasi Tubuh

Pada pembahasn kali ini pengetahuan bersama membahas sesutau yang sangat penting untuk tubuh kita semua yaitu Zat Gizi pada Buah dan Sayur ... thumbnail 1 summary
Pada pembahasn kali ini pengetahuan bersama membahas sesutau yang sangat penting untuk tubuh kita semua yaitu Zat Gizi pada Buah dan Sayur adalah Fondasi Tubuh. Tahukan anda zat - zat apa saja yang diperlukan tubuh kita untuk fondasi tubuh? mari kita bahas.



Karbohidrat.
Zat ini merupakan sumber energi bagi tubuh kita untuk aktifitasotak, pembentukan sel darah merah dan sistem saraf, serta membantu dalam proses metabolisme protein dan lemak. Karbohidrah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat yang sederhana dan karbohidrat yang kompleks. karbohidrat yang biasa atau sederhana atau zat gula dikenal dengan glukosa,fruktosa dan sukrosa. Sementara karbohidrat yang kompleks yaitu zat gula yang kompleks yaitu zat gula dari suatu rangkaian molekul yang lebih panjang yang umumnya disebut zat tepung serta serat. 

Lemak.
Lemak juag merupakana salah satu nutrisi yang diperlukan oleh sebagai sumber energi dan penghangat tubuh. Lemak memberikan banyak tenaga dibandingkan protein dan karbohidrat. Sebagian lemak yang dikonsumsi biasanya segera digunakan. Sisanya digunakan sebagai cadangan dalam bentuk lemak tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai peerlindungan organ-organ penting, seperti paru, jantung, dan hati. Selain itu, lemak juga membantu metabolisme vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E,dan K.

Protein.
Protein itu penting dan harus diberi tempat dalam makanan kita karena zat ini berfungsi sebagai bahan dasar pembentukan sel dan jaringan tubuh. Selain it, protein juga berperan dalam proses pertumbuhan,pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan dan mendukung ketahanan tubuh. Contoh fungsi nyata protein didalam tubuh adalah memperbaiki struktur rambut,otot, kuku, tendon,ligamen dan struktur tubuh lainya. pemasukan protein yang cukup bisa mempertahankan dan menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Vitamin
Vitamin adalah bahan kimia zat-zat organik yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil, dan vitamin berperan sebagai zat pengatur atau untuk proses metobolisme dalam tubuh. Detiap manusia butuh vitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya. meskipun kebutuhan manusia pada vitamin tidak banyak, tetpi vitamin dibutuhkan tubuh secara kontiniu. Tubuh sendiri tidak bisa menghasilakan bahan -bahan ini, tetapi tubuh yang kekutrangan vitamin akan berakibat penyakit akut. Tanpa vitamin maka manusia tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup, dan kekurangan vitamin dapat berakibat memperbesar peluang terkena penyakit.

Mineral
Mineral memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh baik pada tingkat sel, jaringan, organ, maupun fungsi tubuh secara keseluruhan. Di samping itu mineral juga berperan sebagai katalis dan kofaktor aktivitas berbagai enzim dalam setiap tahap metabolisme. Mineral digolongkan menjadi dua yaitu mineral makro dan mineral mikro mineral makro adalah mineral yang paling banyak dibutuhkan dalam jumlah besar atau lebih dari 100 mg perhari, sedangkan mineral mikro dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil atau kurang dari 15 miligram per hari.

Demikan lah pembahasan tentang Zat Gizi pada Buah dan Sayur adalah Fondasi Tubuh. Semoga Bermanfaaat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Comments