Jumat, 20 Mei 2016

100 macam Manfaat Buah Belimbing

Pada Kali ini pengetahuan bersama akan membahas manfaat dari buah belimbing. Belimbing dalam bahasa latin ialah (Averrhoa Carambola Linn), ... thumbnail 1 summary
Pada Kali ini pengetahuan bersama akan membahas manfaat dari buah belimbing. Belimbing dalam bahasa latin ialah (Averrhoa Carambola Linn), Star Fruit Anthipertensi. 
Belimbing merupakan tanaman Asli Indonesia dan Malaysia, kemudian menyebar ke Asia Tenggara. Memiliki bentuk yang khas seperti bintang lima, buah ini biasanya tumbuh liar memiliki rasa sedikit asam di banding kan dengan buah hasil budidaya. Permukaanya rata halus dan berwarna hijau atau kekuningan. Buah belimbing bermanfaat dimakan dalam keadaan matang dan segar, sebagai lalapan, untuk rujak, diawetkan, selai dan agar-agar serta sari buah atau jus. Juga dapat digunakan sebagai pembersih logam dan menghilangkan karat, dan untuk ramuan berbagai macam obat atau ramuan tradisional. Hampir 90 persen kandungan air buah belimbing rasanya manis


Tinjauan Medis
 Buah belimbing manis merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Belimbing merupakan sumber vitamin C yang baik. Mengonsumsi 100 gram buah belimbing cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C setiap harinya. Kandungan polifenol pada belimbing merupakan sumber antioksidan yang baik, karena dapat mengikat radikal bebas. Buah belimbing juga mengandung serat pangan yang cukup baik.


Serat pangan sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk menurunkan kadar kolestrol. Hal itu disebabkan oleh kemampuan serat untuk mengikat asam empedu, yaitu produk akhir metabolisme kolestrol. Mekanisme tersbut secara otomatis akan menurunkan kadar kolestrol.
Buah Belimbing  mengandung kalium dan nutrium dengan pebanding 66:1 sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi dan juga baik untuk jantungserta pembuluh darah. Peranan kalium bersama sama dengan klorida membantu menjaga tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa. Kalium menjaga tekanan osmotik dalam cairan instraseluler dan sebagian terikat dengan protein. Kalium juga membantu mengaktivasi reaksi enzim. mengonsumsi sari buah atau jus belimbing secara teratur ternyata sangat efektif menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah, dan trigliserida. dan sebaiknya dengan meminum jus belimbing dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) di dalam darah. Selain itu jus belimbing memiliki potensi untuk meningkatkan kemmpuan diuretik sekaligus antihipertensi.

Secara empiris, buah belimbing digunakan sebagai antihipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun sebelum memanfaatkan buah belimbing sebagai antihipertensi lebij bijaksan untuk melakukan pemeriksaan terhadaqp kandungan kristal oksoilat dalam urine atau air kencing. Bila ternyata kandungan urine mengandung kristal oksolat, maka pemakaan buah belimbing sebagai antihipertensi sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan batu ginjal. Lebih bijaksana bila di konsultasikan kepada ahlinya untuk mendapatkan pengganti atau solusi lain terhadap yang di derita.
Itulah Manfaat buah dari buah belimbing semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Comments